Anggrian Riska A.S.

Berpacu menjadi yang terbaik

Materi Perkuliahan ke-2 (Safe Mode, Main Board)

diposting oleh anggrianriska-fst10 pada 28 May 2012
di Umum - 0 komentar

Server dalam bahasa awam sering disebut yaitu induk dari sebuah komputer. Contohnya pada sebuah warnet, pasti pemilik warnet itu menentukan salah satu sebagai server dan yang lainnya sebagai operator. Disini server berguna sebagai pengendali ataupun induk dari seluruh operator yang tesambung diantara semua komputer yang dihubungkan. maka dari itu server sangat berguna untuk kelancaran semua komputer yang saling terhubung.


Siapa disini yang tidak mengenal windows ? atau bahkan tidak mengenal komputer ? pasti semua orang 99% mengenal apa itu yang dinamakan komputer dan windows. Windows merupakan salah satu operating system yang terdapat pada komputer pada umumnya. Pada saat komputer pertama kali menyala yang dilakukan oleh komputer itu yaitu booting pada main board.

 

Main board atau biasa disebut motherboard adalah sebuah papan rangkaian elektronik utama yang menjadi landasan dari komponen-komponen lainnya seperti processor , memory, Video Graphic Acceleration (VGA) dan sound card dalam soket yang tersedia. Pemakaian jenis procesor sangan mempengaruhi pemilihan motherboard (www.anneahira/mainboard.htm). Mother board jika diibaratkan pada manusia yaitu sebagai pembuluh darah. Jadi mother board berfungsi untuk menghubungkan satu dengan lainnya seperti pembuluh dara pada manusia. Dalam mother board terdapat peripheral yang saling terkoneksi dimana koneksi tersebut  berfungsi untuk melanjutkan perintah melalui jalur yang ada pada board tersebut.

Main Board

 

Dalam mainboard terdapat EPROM yang berisi sistem operasi dasar, yaitu BIOS (Basic Input/Output System). BIOS berfungsi melakukan Bootstrap dan inisialisasi hardware saat booting. Sebenarnya pada komputer, saat kita menyalakan komputer tersebut maka disitu mother board mulai bekerja. Dan disitu pula lah seluruh aplikasi yang telah di install di dalam komputer booting semua. Maka dari itu ini sangat berpengaruh pada RAM suatu komputer. Jika RAM nya besar sedangkan aplikasi yang ada pada komputer itu sediit maka booting dari mother board akan lebih cepat jika dibandingkan dengan RAM kecil yang memiliki banyak aplikasi. Sedangkan RAM sendiri adalah salah satu ingatan utama bagi komputer. Lokasinya berdekatan dengan processor. (www.sufian.info)

RAM

 

SAFE MODE

Disini Safe Mode memiliki perann penting dalam perbaikan komputer ketika komputer tersebut terserang virus atau ada aplikasi yang tidak benar kerjanya. Dan juga ketika komputer terdapat kerusakan pada driver dan menyebabkan komputer tidak bisa melakukan booting dengan benar maka sistem safe mode lah yang harus dilakukan agar komputer dapat bisa berjalan seperti sedia kala. Ini disebabkan ketika safe mode maka semua aplikasi yang sedang booting akan ditidurkan sehingga dari situlah virus bisa dibasmi dan dilumpuhkan. Tidak hanya itu saja dalam safe mode dapat pula dilakukan beberapa perbaikan yang sering dilakukan oleh teknisi komputer pada umumnya.

Masuk dalam Safe Mode sangatlah mudah, berikut langkah-langkahnya :

  1. Nyalakan komputer atau restart komputer.
  2. Setelah loading RAM, dapat menekan F8
  3. Muncul pilihan untuk safe Mode
  4. Pilih Safe Mode

 

Safe Mode

Tetapi ini biasanya terjadi pada Windows XP, sedangkan Windows 7 yang sekarang ini umumnya digunakan oleh pengguna. Safe Mode sudah otomatis berjalan saat komputer itu booting  pertama kali.  Maka dari itu dapat digunakan Boot Msconfig untuk menyelesaikan atau bisa digunakan system restore.

 

Semoga tulisan saya bisa berguna untuk pembaca sekalian, jika ada kritik, saran ataupun pertanyaan silahkan memberikan komentar.. Terima kasih sudah membaca tulisan saya :D

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :