Anggrian Riska A.S.

Berpacu menjadi yang terbaik

Sekilas Tentang ANDROID

diposting oleh anggrianriska-fst10 pada 04 June 2012
di Umum - 11 komentar

 

Siapa yang tidak mengenal android? Yaaapp android adalah salah satu operating system yang sekarang sedang nge trend di kalangan masyarakat luas baik tua maupun muda . Android ini merupakan operating system pada mobile yang  menggunakan modifikasi dari linux. Kebanyakan android banyak ditemukan pada smart phone maupun pc tablet. Keduanya memang akhir-akhir ini menjadi pusat perhatian dari seluruh masyarakat. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Kebanyakan dari operating system berbasis android ini ada pada handphone

 

Google mengibaratkan Android sebagai sebuah tumpukan software. Setiap lapisan dari tumpukan ini menghimpun beberapa program yang mendukung fungsi-fungsi spesifik dari sistem operasi.

Berikut ini susunan dari lapisan – lapisan tersebut jika di lihat dari lapisan dasar hingga lapisan teratas :

a. Linux Kernel

Tumpukan paling bawah pada arsitektur Android ini adalah kernel.

b. Android Runtime

Letaknya setelah kernel, Android Runtime ini berisi Core Libraries dan Dalvik Virtual Machine. Core Libraries mencakup serangkaian inti library Java, artinya Android menyertakan satu set library-library dasar yang menyediakan sebagian besar fungsi-fungsi yang ada pada library-library dasar bahasa pemrograman Java.

c. Libraries

Bertempat di level yang sama dengan Android Runtime adalah Libraries. Android menyertakan satu set library- library dalam bahasa C/C++ yang digunakan oleh berbagai komponen yang ada pada sistem Android.

d. Application Framework

Lapisan selanjutnya adalah application framework, yang mencakup program untuk mengatur fungsi-fungsi dasar smartphone. Application Framework merupakan serangkaian tool dasar seperti alokasi resource smartphone, aplikasi telepon, pergantian antar – proses atau program, dan pelacakan lokasi fisik telepon.

e. Application

Di lapisan teratas bertempat pada aplikasi itu sendiri. Di lapisan inilah anda menemukan fungsi-fungsi dasar smartphone seperti menelepon dan mengirim pesan singkat, menjalankan web browser, mengakses daftar kontak, dan lain-lain. Bagi rata-rata pengguna, lapisan inilah yang paling sering mereka akses. Mereka mengakses fungsi- fungsi dasar tersebut melalui user interface.

Kekurangan dari android antara lain :

  1. Boros baterai
  2. Tidak mendukung JAVA
  3. Terlalu Google Centric (karena google memiliki saham atas android ini)
  4. Banyak malware

Sedangkan dibalik kekurangan itu pasti ada kelebihan diantaranya :

  1. Di bawah naungan google
  2. Berbasis Open Source
  3. Kemampuan Multi Tasking
  4. Selalu up to date
  5. Memiliki aplikasi yang beragam
  6. Kemudahan untuk menciptakan aplikasi android
  7. User interface yang freash dan interaktif.

Ada beberapa hal yang membuat Android sulit (belum) diterima oleh pasar Indonesia, antara lain:

  • Kebanyakan handphone Android menggunakan input touchscreen yang kurang populer di Indonesia,
  • Android membutuhkan koneksi internet yang sangat cepat untuk memaksimalkan kegunaannya padahal Internet dari Operator selular Indonesia kurang dapat diandalkan,
  • Dan yang terakhir anggapan bahwa Android sulit untuk dioperasikan / dipakai bila dibandingkan dengan handphone lain macam Nokia atau Blackberry.

 

Sumber :

www.danisetyawan.blogspot.com

www.wikipedia.com

www.androbana.blosgpot.com

 

*mungkin ini sedikit engetahuan tentang android yang saya ketahui dari googling dan cerita orang-orang yang menggunakan android .. semoga bermanfaat :)

 

11 Komentar

1. WINDA DWI TANTI

pada : 04 June 2012

"android runtime maksudnya bagaimana? saya kurang paham."


2. anggrian

pada : 05 June 2012

"oke terima kasih kepada winda atas pertanyaannya ..
disini saya akan menjelaskan sedikit tentang android run time

Android Runtime merupakan mesin virtual yang membuat aplikasi Android menjadi lebih tangguh dengan paket pustaka yang telah ada. Jadi disini android runtime ini memiliki kegunaan dan fungsi dimana dia menyediakan beberapa fungsi dalam android itu .."


3. WINDA DWI TANTI

pada : 10 June 2012

"oh iya iya terima kasih :)"


4. sunawan

pada : 13 June 2012

"mbak, kalau dilihat dari market share android sekarang merajai indonesia melalui produk-produk korea, china, taiwan, apakah ini menunjukkan kemudahan aplikasi android? kebetulan saya pengguna BB"


5. Anggrian

pada : 13 June 2012

"terima kasih sebelumnya atas pertanyaan yang diberikan mas sunawan :)
disini android memiliki store yang bernama "android market" disitu para pengguna android bisa sepuasnya mendownload aplikasi apa saja yang diinginkan, sedangkan pada BB terdapat "BB app world" tetapi lebih komplit pada android karena memang kebutuhan android untuk para pecinta aplikasi, sedangkan BB fungsinya lebih untuk jejaring sosial :)
mungkin ada yang kurang jelas dengan penjelasannya ? terima kasih :)"


6. Fadhilah D.H

pada : 20 June 2012

"Assalamualikum,anggi saya mau tanya apa yang sebenarnya Linux Kernel yang anda maksud tolong dijelaskan ya,terima kasih......:)"


7. Zilvanhisna E.F

pada : 21 June 2012

""Android membutuhkan koneksi internet yang sangat cepat untuk memaksimalkan kegunaannya padahal Internet dari Operator selular Indonesia kurang dapat diandalkan" yup itu saya setuju.... lalu menurut anda bagaimana mengatasi hal tersebut???"


8. galuh ayu

pada : 22 June 2012

"anggie... mau tanya apa efek dari google centric terhadap aplikasi android itu sendiri?

lalu apa sih malware? :)"


9. Anggrian

pada : 28 June 2012

"terima kasih sebelumnya atas pertanyaan dari saudari fadhilah ..
saya akan menerangkan sedikit tentang linux kernel. kernel yang digunakan dalam sistem operasi GNU/Linux. Kernel ini merupakan turunan dari keluarga sistem operasi UNIX, dirilis dengan menggunakan lisensi GNU General Public License (GPL), dan dikembangkan oleh pemrogram di seluruh dunia. Linux merupakan contoh utama dari perangkat lunak bebas dan open source. Maka dari itu android sangat terkenal dengan open sourcenya.
mungkin sedikit penjelasan saya :)"


10. Anggrian

pada : 28 June 2012

"terima kasih atas pertanyaan dari saudari Zilvanhisna ..
Yaap memang benar sekali bahwa koneksi di negara kita tergolong lemah, tetapi sekarang sudah menunjukkan perubahan yang cukup baik kok (menurut saya)
jika menginginkan koneksi yang cepat, maka yang harus dilakukan adalah membeli paketan internet yang lebih mahal dong..
misalnya saja nih saya memakai operator X untuk modem saya yang tiap bulan saya hanya membayar 50ribu unlimited, jika dibandingkan dengan operator X pula tetapi dengan 50rb hanya mendapat kuota 2GB pasti lebih cepat yang kuota dong ..
disini menunjukkan bahwa semakin banyak biaya yang dikeluarkan untuk layanan internet, semakin cepat pula layanan yang kita dapatkan . karena kita menjadi prioritas :)

sekian jawaban dari saya, mungkin ada yang kurang bisa ditanyakan lagi
terima kasih :)"


11. Anggrian

pada : 28 June 2012

"terima kasih atas pertanyaan dari saudari Galuh :)

Google centric itu adalah OS android ini sangat bergabung dan menyatu dengan Google, maka dari itu bagi pemilik android dengan mudah dan cepat sekali berhubungan dengan hal-hal yang berbau Google , misalnya Gmail, Youtube, Google Calender, dan masih banyak lagi aplikasi pada Google.

Sedangkan malware adalah sebuah perangkat lunak berbahaya (malicious software) saat ini semakin mudah menyebar dan menginfeksi komputer. Tanpa kita sadari sistem dan aplikasi komputer kita telah dirusak bahkan informasi pribadi milik kita pun bisa diketahui dan disalahgunakan oleh orang lain hanya karena aktifitas browsing yang kita lakukan. Pada dasarnya malware adalah program berbahaya dan tidak diinginkan yang dapat merusak sistem komputer, menghambat akses internet dan yang paling berbahaya yaitu mencuri informasi seperti password dan no kartu kredit kita.

Sekian jawaban dari saya, jika ada yang kurang jelas bisa ditanggapi kembali
terima kasih sudah mengunjungi blog saya :D"


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :