Anggrian Riska A.S.

Berpacu menjadi yang terbaik

UAS Pemrograman Komputer

diposting oleh anggrianriska-fst10 pada 29 June 2012
di Umum - 0 komentar

Bismillahirahmanirrahim ..

Atas nama Pencipta Jagad Raya, Saya 'Anggrian Riska Amelia S' mengerjakan tugas ini dengan jujur.

 

1. Buat analisa bagaimana cara melakukan pengamanan komputer agar terhindar dari virus ?

Jawab :

Pastinya kita harus memiliki antivirus sebagai pengaman di PC atau laptop kita, dan jangan lupa selalu mengupdate antivirus maksimal satu bulan sekali lah , jadi antivirus kita tidak kadaluwarsa atau expired. Dan usahakan selalu scan komputer secara penuh sebulan sekali untuk mengantisipasi adanya virus yang ‘menyelinap’ kedalam PC kita.

Kedua selalu melakukan scan virus ketika memasukkan flashdisk ke PC atau scan virus setelah mendownlad e-book dari internet. Selalu waspada ketika mendapatkan email yang isinya berbentuk .EXE karena kemungkinan besar itu berisi virus.

Ketiga saat melakukan browsing dari internet selalu mengaktifkan windows firewall, ini akan membantu sistem pengamanan anti virus anda.

referensi : http://blogbintang.com/artikel-keamanan-komputer 

 

2. Bagaimana cara membuat PC rakitan dengan OS windows 7 bisa digunakan sebagai  sistem server untuk web server dan database server ?

Jawab :

Untuk membuat PC rakitan itu sendiri yang harus disiapkan adalah Power Supply, Motherboard, Processor, RAM serta Hardisk. Ini merupakan komponen penting dalam membuat PC rakitan. Kemudian menginstall OS ke PC rakitan itu sendiri.

referensi : http://dedenthea.wordpress.com/2007/07/13/langkah-demi-langkah-merakit-komputer/

 

Server merupakan komputer yang berfungsi untuk mengatur atau menjadi koordinator pada sistem jaringan komputer. Intinya, Server merupakan induk dari semua komputer yang terhubung. Server bertugas menangani penyimpanan, pengolahan, pendistibusian data secara terpusat, juga sebagai pusat aplikasi bersama (shared) serta pintu gerbang menuju internet (gateway).

referensi : http://usi.feb.unair.ac.id/jaringan-a-internet/191-pemahaman-server

 

Sebenarnya untuk digunakan sebagai sistem server, Windows 7  kurang recomended sebenarnya juga bisa hanya yang membedakan ialah aplikasi XAMPP ( Web & Database Server ) dalam hal ini pada windows 7 menggunakan PHP sebagai Web dan SQL sebagai Databasenya. Tetapi lebih mudah lagi jika menggunakan OS Linux, ini dikarenakan Linux konfigurasinya jauh lebih bersahabat jika dibandingkan dengan OS Windows.

 

IIS dan XAMPP adalah salah satu Web Server yang ada dan umum di khalayak engguna IT. XAMPP adalah paket server yang sangat lengkap, didalamnya sudah termasuk PHP, Apache, MySql, dll. Tetapi XAMPP hanya sebagai server Web tetapi yang tidak benar-benar online. Jadi intinya XAMPP hanya sebagai server PC yang tidak dikoneksikan dengan internet.

IIS adalah Internet Information Services ( IIS ) adalah sebuah paket software yang berfungsi untuk mendistribusikan web server, Software ini telah siap bagi anda untuk di gunakan.

Tetapi di Windows 7 akan mengalami kesulitan ketika IIS diinstal bersamaan dengan XAMPP. Ini dikarenakan kedua port nya sama.

 referensi : http://www.ngobrolaja.com/showthread.php?t=62418

 

3. Bandingkan sistem android,symbian, IOS dan windows mobile ?

Jawab :

 

a. Android

 

adalah sistem operasi berbasis Linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri ddan dapat digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.

 

Kelebihan :

Tergolong sistem yang fleksibel. User bisa mengkombinasikan Apps, Folder, dan Widgets satu sama lain dan mendownload interface lainnya di Android market. Browsernya tergolong cepat, termasuk saat membuka website dengan flash. User bisa membatalkan pembelian apikasi berbayar dan mendapatkan kembali uangnya. Dibandingkan OS lainnya, android sangat cocok bagi yang suka bereksperimen, karena banyak sekali fitur-fitur yang tersedia dalam OS ini

 

Kekurangan:

Android masih kalah intuitif. Pengguna masih membutuhkan waktu untuk menemukan beberapa pilihan sistem dan third-party file manager. Selain itu fungsi pencarian kurang akurat, banyak juga ditemukan aplikasi “sampah” yang kurang berguna. Meski di Android market ada aplikasi gratis, hampir sebagian besar aplikasi android adalah aplikasi berbayar. Dan beberapa aplikasi memiliki Virus yang berbahaya.

 

b. IOS

 iOS adalah sistem operasi yang hanya bisa di temui pada perangkat pabrikan Apple Inc. IOS merupakan sistem operasi yang di kembangkan dari Mac OS X. IOS juga merupakan sistem oprasi yang open source di bawah naungan Apple Public Source License (APSL). Di IOS terdapat abstraction layers, Core OS layers, Core Service layers, Media layers, Cocoua Touch Layers.

 

Kelebihan:

iPhone unggul karena penggunaan sistem nya yang mudah dan aplikasi third-party nya yang selalu konsisten dengan Apple.Selain itu sangat user friendly atas keunggulan interface-nya. Pengelompokan aplikasi dalam satu folder untuk memudahkan pengelolaan. Adanya sistem yang mendukung multitasking  meskipun masih terbatas. Adanya iTunes untuk melakukan sinkronisasi data, backup dan pencarian aplikasi di App Store dan kini masih yang terbesar serta terlengkap.

 

Kelemahan:

Pengguna akan mengalami hambatan dalam mengganti aplikasi standar dan mengelola data-datanya di smartphone. Pengguna bahkan tidak dapat seenaknya memaketkan data-data pada suatu folder. Interkoneksi antar pengguna iTunes juga merepotkan. Apple sepertinya tidak merancang iPhone untuk melakukan tukar-menukarlagu atau klipvideo dengan sesama pengguna dengan mudah. Hal yang sama juga berlaku saat meng-copy beberapa file iPhone ke PC

 

3. Symbian
Symbian OS adalah sistem operasi tak bebas yang dikembangkan oleh Symbian Ltd. yang dirancang untuk digunakan peralatan bergerak (mobile). Saat ini Symbian OS banyak telah banyak digunakan oleh berbagai vendor produk peralatan komunikasi mobile pada berbagai jenis produk mereka yang bervariasi. Variasi dari sisi hardware ini dimana Symbian OS diimplementasi dapat dimungkinkan karena sistem operasi ini memiliki antarmuka pemprograman aplikasi (Application Programming Interface; API). API mendukung terhadap komunikasi dan tingkah laku yang umum pada hardware yang dapat digunakan oleh objek aplikasi lain.

 

Kelebihan:

Symbian 3 kini lebih finger friendly dan responsif saat di-input data. Beberapa fasilitas baru yang inovatif dihadirkan pada sistem symbian 3, seperti Web TV, Real multitasking, multiple Homescreen, dan USB OTG (USB On The Go). USB OTG menyediakan fasilitas bagi pengguna smartphone berbasis symbian 3. Contohnya Nokia N8 untuk mengakses langsung file-file yang tersimpan di dalam hard disk eksternal USB , USB Flash Drive(UFD), atau smartphone lainnya.

 

Kelemahan :

Navigasi menunya yang kurang praktis dan kadang sulit dipahami (nama menu yang terlalu disingkat). Selain itu, panduan saat bernavigasi di interface-nya pun minim. Memang problem ini hanya terjadi pada pengguna veteran (lama) symbian. Performa browser dan keyboard layar sentuhnya yang standar juga merupakan salah satu kelemahan lainnya.belum lagi sekarang banyak yang kurang memilih symbian karena aplikasi nya kurang banyak dan susah digunakan

 

4. Windows mobile

Windows Mobile adalah salah satu Sistem Operasi mobile Yang di kembangkan oleh Microsoft, dan di desain untuk di gunakan pada Smartphone dan Perangkat Nirkabel lainya. Versi saat ini di sebut ‘Windows Mobile 6.5′. OS ini pada fitur-fiturnya di kembangkan menggunakan Microsoft Windows API. Windows Mobile di desain sedemikian rupa agar mirip dengan versi Windows Desktop.

 

Kelebihan :

Windows Phone memiliki interface yang berbeda dibandingkan dengan interface smartphone lainnya. Diferensiasi produk sengaja ditempuh Microsoft agar smartphone mereka berada “diluar” pesaingnya. Interface-nya terdiri atas dua bagian, yaitu sejumlah kotak yang disebut hub dan bagian kedua untuk Tools dan Options. Melalui account Windows Live tersedia layanan mail, contact, calender. Pengguna juga bisa mengakses layanan toko online-nya (Marketplace) dan fasilitas keamanan gratis. Melalui browser dan GPS, pengguna bisa menemukan lokasi, memblokirdan me-reset smartphone.

 

Kelemahan:

Microsoft melakukan perubahan radikal pada sistem baru ini. Misalnya, aplikasi pihak ketiga(third party) tidak boleh aktif dilatar belakang, tidak ada folder, akses file multimedia harus melalui Zune, dan data Office harus disimpan dilayanan online SkyDrive. Memang karena masih baru, semau potensi platform mobile ini belum optimal.

 


 referensi : http://karimansyahputra.wordpress.com/2012/05/30/perbandingan-os-smartphone/

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :