Anggrian Riska A.S.

Berpacu menjadi yang terbaik

Sistem Cerdas

diposting oleh anggrianriska-fst10 pada 10 March 2013
di Umum - 0 komentar

Lama sekali tidak menyentuh blog yang sengaja diberikan oleh kampus tercinta untuk mahasiswanya, dan untuk semester ini saya akan menulis sedikit tentang hal-hal berbau akademik khususnya untuk perkuliahan Teknobiomedik pada semester akhir *uda tua banget deh kayaknya :D

 

Minggu lalu saat perkuliahan Sistem Cerdas di Rektorat UNAIR oleh Bpk Seogianto saya diberi penjelasan singkat tentang apakah itu Sistem Cerdas, kemudian setelah browsing dan googling akhirnya mendapatkan sedikit pencerahan hahaha. Maka saya akan membahas sedikit hasil pendengaran kuliah dan sedikit browsing dari google :)

 

Sistem cerdas adalah sistem yang dapat mengadopsi tingkat kecerdasan manusia (sebagian kecil) dengan keadaan eksternal suatu sistem. Sistem cerdas menunjukkan kecerdasan level mesin, penalaran, learning dan self-adapting.  Sistem cerdas adalah sistem yang mampu melakukan penalaran dalam ketidakpastian (uncertainty), ketidaktepatan (imprecision), kebenaran sebagian (partial truth), pendekatan (approximation) - (Lofti A.Zadeh). Tingkat kecerdasan itu antara lain untuk melatih kemampuan, mengingat kondisi yang pernah dialami, mengolah data dan masih banyak lagi. Sistem cerdas erat kaitannya dengan Artificial Inteligent. Dimana ilmu ini mempelajari cara membuat mesin agar menjadi cerdas dan mampu menyelesaikan permasalahan manusia. Sistem Cerdas dibagi menjadi 3 yaitu :

  1. Sistem cerdas berbasis pengetahuan, sistem inimemiliki blok utama berupa basis pengetahuan yang dijabarkan oleh algoritma dan komponen yang mengatur kerja sensor-sensor tersebut. Algoritma ini akan memutuskan aksi-aksi apa yang tepat untuk dilakukan oleh sistem tersebut pada suatu keadaan.
  2. Sistem Logika Samar atau biasa disebut Fuzzy Logic System. Sistem ini mengadopsi strategi kendali dengan logika inferensi samar. Logika fungsi ini mengolah data-data eksternal dan biasanya digunakan dalam aplikai mekatronika atau biasa digunakan untuk pengendali robot bergerak. Blok ini secara fungsional bekerja untuk mengeksekusi sehingga menghasilkan keluaran keputusan kendali. Sistem ini biasan ya menangani informasi tidak tepat dengan memberikan derajat kebenaran menggunakan logika samar.
  3. Yang terakhir yaitu Sistem Berbasis Jaringan Syaraf Tiruan atau orang lebih mengenalnya Artificial Neural Network dimana sistem pengorganisasian ini berdasarkan otak manusia yang terdiri dari milyaran sel saraf. Kelebihan dari Jaringan syaraf tiruan yaitu menangani data yang sebelumnya tidak terlihat, tidak lengkap bahkan rusak.

 

 

Mungkin ini ulasan singkat tentang apakah itu sistem cerdas, untuk lebih lanjutnya akan dibahas pada posting-posting selanjutnya seiring dengan perkuliahan ini sampai akhir Juni mendatang. Semoga tulisan ini bermanfaat :)

 

thanks to sumber yang memberi tambahan info http://denissopyan2004.blogspot.com/2008/11/21-sistem-cerdas-berbasis-pengetahuan.html

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :