Anggrian Riska A.S.

Berpacu menjadi yang terbaik

Penjelasan lebih lanjut Sistem Cerdas

diposting oleh anggrianriska-fst10 pada 24 March 2013
di Umum - 0 komentar

Pada perkuliahan minggu lalu kita kembali kuliah di Direktorat Sistem Informasi UNAIR. Suasana kuliah yang cukup menenangkan dan menyenangkan sekali :D. Disini Pak Soegianto menanyakan kembali kepada kita apakah kita sudah benar-benar paham tentang sistem cerdas. Tetapi sejujurna memang belum terlalu paham sih hehehe . Akhirnya kita diberi penjelasan lebih tentang Sistem Cerdas, dari sini saya mulai mengerti apa itu sistem cerdas. Disini saya akan berbagi sedikit ilmu tentang sistem cerdas yang mungkin mudah dipahami oleh orang awam.


Sistem cerdas menggunakan program non linier. Dimana program itu tidak sama seperti program konvensional (program non linier). Jadi sistem cerdas itu membantu memprogram suatu mesin agar bisa bekerja sesuai dengan perintah manusia. Jika program kovensional memakai if then else yang biasa kita temukan ada Matlab, Delphi , C++ Borland dan masih banyak lain, tetapi pada sistem cerdas tidak menggunakan itu. Karena jika menggunakan if then else akan membuat program semakin berbelit karena sistem cerdas itu sendiri akan membuat program yang cukup komplit.


Contohnya pada saat bermain bilyard, apa yang terjadi jika meja yang digunakan persegi panjang atau oval. Hasilnya akan berbeda. Seorang pemain bilyard profesional akan dengan mudah memasukkan bola bilyard ke dalam lubang dengan menggunakan meja persegi panjang dibandingkan dengan meja oval. Inilah perbedaan antara sistem cerdas yang berbasis pada program non linier dibandingkan dengan if then else yang berbasis pada program konvensional.


Sistem cerdas sendiri seperti yang pernah saya jelaskan pada posting sebelumnya terbagi menjadi 3 macam yaitu ANN (Artifcial Neural Network) atau orang biasa menyebut otak buatan, dimana kita memberi pengertian pada program bahwa dia memiliki otak layaknya manusia. sebuah, AI (Artificial Inteligent) yaitu bagaimana cara manusia itu berpikir yang kemudian di implementasikan kepada sebuah program, dan yang terakhir yaitu FL (Fuzzy Logic) dimana mesin atau program yang kita buat memiliki perasaan seperti manusia pada umumnya.

Pengertian kecerdasan buatan lebih detail dapat dipandang dari berbagai sudut

pandang, antara lain :

-          Sudut pandang kecerdasan

-          Sudut pandang penelitian

-          Sudut pandang bisnis

-           Sudut pandang pemrograman


Dua bagian utama yang sangat dibutuhkan untuk melakukan aplikasi kecerdasan buatan, yaitu :

a. Basis pengetahuan (Knowledge Base), berisi fakta-fakta, teori, pemikiran dan hubungan antara satu dengan lainnya.

b. Motor inferensi (Inference Engine), yaitu kemampuan menarik kesimpulan berdasarkan pengalaman

 

Sekian penjelasan lebih detail mengenai sistem cerdas, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca. Mohon maaf jika terdapat kesalahan atau kurang jelas, mungkin bisa ditanyakan dan akan kta bahas bersama-sama :)

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :