Anggrian Riska A.S.

Berpacu menjadi yang terbaik

Artificial Inteligent

diposting oleh anggrianriska-fst10 pada 06 April 2013
di Umum - 0 komentar

Pada pertemuan kali ini membahas tentang Artificial Inteligent atau biasa disebut Kecerdasan Buatan. Perkuliahan kali ini kita melakukan kuliah di FST. Artificial Inteligent merupakan bagian ilmu komputer dan informasi yang berfokus pada pengembangan hardware dan software yang dapat memecahkan masalah dan menyelesaikan tugas yang dilakukan manusia, dianggap sebagai sebuah tampilan kecerdasan (Moursund, 2006).

Sementara itu, Nilson (2009) mendefinisakn Artificial Inteligent adalah semua kegiatan yang ditujukan untuk membuat sebuah mesin cerdas, dimana kecerdasan adalah kualitas yang memungkinkan entitas dapat berfungsi secara tepat dan dengan pandangan terdepan dalam lingkungannya.

 

Aplikasi Artificial Inteligent menurut Hertiningsih dibagi menjadi :

1. Expert System : Merupakan program konsultasi yang mencoba menirukan proses penalaran seorang pakar dan ahli dalam memecahkan masalah yang rumit. Komponen dari sistem ini dibagi menjadi

 - Knowledge Base

 - User Interface

 - Inference Engine

 

2. Natural Language Processing : Memberi kemampuan pengguna komputer untuk berkomunikasi dengan komputer dalam bahasa mereka sendiri, dibagi menjadi :

- Pemahaman Bahasa Alami : Mempelajari metode yang memungkinkan komputer mengerti perintah yang diberikan dalam bahasa manusia, contoh bahasa pemrogramannya yaitu ELIZA , PARRY, ALICE.

 - Pembangkitan bahasa alami : Membuat komputer dapat membangkitkan bahasa manusia biasa sehingga manusia dapat memahami komputer secara mudah


3. Speech Recognition : Manusia dapat berkomunikasi dengan komputer menggunakan suara.Salah satu aplikasi yang sangat menarik adalah NetTalk. Konsepnya yaitu mempelajari tulisan informal yang ditulis oleh anak umur enam tahun dan menghasilkan output suara yang terdengar sangat mirip dengan usia anak enam tahun.


4. Sistem Sensor dan Robotika yaitu menggunakan sensor optik, mengeluarkan cahaya ke air dan mengukur bagaimana cahaya tersebut sampai ke ujung lainnya.


5. Computer Vision adalah mengintrepretasikan gambar atau objek tampak melalui komputer, misal : pengenalan sidik jari


6. Intelligent-aided Instruction yaitu menggunakan komputer sebagai tutor yang dapat melatih dan mengajar, misal pada aplikasi kursus TOEFL


7. Game Playing contohnya pada permainan catur yang ada pada komputer


8. Soft Computing merupakan inovasi dalam membangun sistem cerdas dimana sistem tersebut memiliki keahlian seperti manusia pada domain tertentu. Metodologi yang digunakan yaitu :

 - Fuzzy Logic

 - Neural Network

 - Probabilitas Reasoning

 - Evolutionary Computing

 

Berikut ini adalah beberapa video dari Artificial Inteligent

 


 

 

Berikut artikel tentang Artificial Inteligent semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Jika ada pertanyaan dapatdituliskan di komentar :) 

 

Sumber :

http://laila.masiqbal.com/blog/2012/10/29/artificial-intelligence-sistem-pakar-hubungan-antara-ai-dengan-kognisi-manusia/

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :